Masa Lalu

Masa lalu.
Hal yang pernah terjadi dalam kehidupan manusia.
Tidak ada yang bisa mencegah terjadinya masa lalu.



Sebagian dari kalian mungkin memiliki masa lalu yang indah, yang membuat kalian senyum-senyum sendiri apabila mengingatnya. Namun, tidak dengan sebagian yang lain. Sisanya ada yang memiliki masa lalu yang tidak diinginkan. Bahkan mengingatnya seakan tidak mau. Yap, masing-masing dari kalian memiliki masa lalunya sendiri, dan tentu masa depannya pula. Kehidupan itu pasti berputar. Tidak melulu segala yang terjadi adalah hal yang menyedihkan dan sebaliknya. Bersyukurlah kalian yang memiliki masa lalu yang indah, karena waktu yang sudah kalian habiskan dapat menjadi kenangan indah yang tidak akan terulang kembali.

Teruntuk kalian dengan masa lalu yang tidak indah, aku tidak mau menyebutnya kelam atau menyedihkan, lebih bersyukurlah karena Allah telah memberikan pelajaran sangat berharga dalam kehidupan kalian.  Percayalah, selalu ada hal positif yang dapat kalian ambil dari setidak indah apapun masa lalu kalian. Mungkin saat itu kalian merasa menjadi manusia paling menyedihkan dan sangat tidak beruntung di muka bumi ini. Kalian berada dalam keterpurukan itu dalam waktu yang sangat lama dan berusaha bangkit kembali walaupun harus dengan merangkak. Kalian yang merasa banyak bagian dari hidup kalian yang hancur bahkan memungut serpihannya saja seakan tidak sanggup untuk dilakukan. Kalian yang merasa kehidupan kalian tidak bisa sebaik dahulu sebelum hal itu terjadi. Teruntuk kalian yang pernah merasakan itu, kalian tidak sendiri. Kalian hanya belum mengetahui, di luar sana banyak sekali manusia yang memiliki masa lalu mirip dengan kalian. Dan kalian tahu apa? Mereka semua bisa melewatinya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mampu bangkit kembali dan menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.

Setelah menemukan mereka, kalian akan merasa mereka hebat bisa melewati hal itu, bahkan secara tidak sadar, kalian akan memiliki tambahan semangat untuk bisa menjadi lebih baik. Karena kalian tahu ada orang lain yang terlebih dahulu mampu melewati hal yang kini kalian alami. Semakin lama, kalian pasti bisa melihat sisi positif dari masa lalu yang tidak indah itu. Setelah kalian dapat melihatnya, kalian akan berterima kasih kepada Allah atas pelajaran berharga yang tidak mungkin kalian dapatkan dari orang lain. Bahkan mungkin kalian akan merasa, “kalau ini tidak terjadi padaku mungkin aku tidak akan seperti saat ini”, saat itu kalian akan menyadari bahwa Allah sebenarnya sangat menyayangi kalian. Allah sangat peduli terhadap kalian, Allah selalu memperhatikan dan tidak pernah meninggalkan kalian sedetik pun. Setidak indah apapun masa lalu, sudah seharusnya kalian bisa menerima semua itu. Selalu percaya bahwa takdir dan rencana Allah pasti yang terbaik untuk kalian. Selalu percaya bahwa Allah sudah menyiapkan skenario terindah untuk kehidupan kalian. Semua hanya perihal waktu.



Hal yang harus selalu diingat, di mana ada kesusahan pasti ada kemudahan, di mana ada kesedihan pasti ada kebahagiaan dan Allah itu adil. Dia akan memberikan keduanya secara seimbang. Mungkin dahulu kalian merasakan kesusahan dan kesedihan yang besar, tapi nanti kalian pasti akan mendapatkan kemudahan dan kebahagiaan yang tidak kalah besar. Setidak indah apapun masa lalu kalian, jangan pernah berhenti berusaha dan meminta kepada Sang Pemilik Kehidupan.

Komentar