Perjuangan Menuju PTN impian!!

Tahun ajaran baru telah tibaaaa*jengjeng*. Buat kalian yang baru naik kelas 12 tentu sudah ada dipikiran kalian ingin lanjut ke mana setelah lulus dan pasti bingung. Iya kan? Dulu gue juga begitu. Wajar kok. Karena setelah lulus dari sma/k ini kalian akan menemukan dunia yang sesungguhnya. Entah itu yang bekerja atau kuliah, rasanya bakal beda banget. Gue saranin buat kalian yang ingin kuliah persiapkan dari sekarang. Waktu akan berjalan sangat cepat guys.
By the way, gue dari smk jurusan akuntansi. Sejak gue kelas 10 gue udah rajin browsing mengenai kuliah mulai dari jalur masuk, biaya, gedung, lokasi, dll. Walaupun cuma sekedar browsing tapi informasi yang gue dapetin banyak banget. Gue jadi tau apa itu SNMPTN, SBMPTN, UKT, dan istilah lain yang berhubungan dengan kuliah. Jujur, waktu itu gue pengen banget bisa di UI, lebih tepatnya FE UI. Gue udah menuliskan hal itu besar-besar di buku agenda gue. Buat semangat belajar pastinya. Gue juga berusaha menjaga nilai rapot sejak kelas 10. Biar ga ilang hahahaha canda deng. Biar ga turun. Sampai akhirnya gue di kelas 11. Gue mulai beli buku (waktu itu buku simak), yaa walaupun pada akhirnya ga gue pelajarin-_- Buku itu cuma gue isi 1 pelajaran dan sampe sekarang masih seperti baru haha.
Next, tibalah gue di kelas 12. Di kelas 12 ini titik tergalau gue antara kerja/kuliah. Pengen bisa kerja sambil kuliah, tapi gue memikirkan kesanggupan otak dan tubuh gue. Hahaha kayaknya ga akan sanggup. Gue sering ikut seminar tentang kuliah gitu. Dan makin galau. Akhirnya fix banget gue memutuskan untuk fokus dapetin PTN. Kenapa? Karena dari segi semuanya masih mending PTN. Dan gue pengen dari SD sampai kuliah dapet negeri. Dari situ gue mulai memikirkan cara untuk belajar materi sma. Awalnya sempet pesimis. Ya kalian bayangin aja gue dari smk, ikut bimbel aja nggak. Gimana caranya memahami materi sma yang lebih susah & lebih banyak itu? Awalnya gue belajar via internet. Download materi sma dari berbagai website. Sedikit berguna. Tapi, pas gue liat matematikanya. Astaghfirullah. Serumit inikah? Mtk pun langsung gue skip. Berbagai cara belajar pernah gue coba. Dari yang nanya ke temen-temen gue yang sma, main kerumahnya terus baca-baca bukunya, beli voucher zenius buat belajar online, sampai liat penjelasan di youtube. Akan tetapi, gue masih belum bisa memahami materinya-_- Kemudian tambah merasa pesimis lah gue. Apalagi setelah tau KKM sma itu tinggi-tinggi dann setelah tau gue ga lolos SNMPTN.
Selalu ada penerang di setiap kegelapan. Gue lihat temen gue banyak yang ga lolos SNMPTN. Entah itu yang sma/k. Mulai dari yg sma biasa sampe yang favorit pun ga lolos. Di situ lah semangat gue muncul lagi. Gue mulai memfokuskan diri gue untuk perjuangin SBMPTN. 1 bulan sebelum hari H gue baru mulai belajar yang benar-benar serius. Bayangkan 1 bulan. Sedangkan kesiapan gue pun belum ada 10%nya. Di 1 bulan itu benar-benar gue habiskan waktu buat belajar. Pagi, siang, sore, sampai malam. Gue yakin bisa, walaupun gue ga ikut bimbel seperti peserta yang lain. Gue berusaha semaksimal mungkin. Sewaktu SBMPTN gue memilih ESP UNPAD, AK UIN JKT, ESP UIN JKT. Kenapa ga FE UI? Karena UI terlalu mainstream haha. Ya entah gue ga terlalu minat sama UI lagi. Gue pengen di UNPAD karena pengen tinggal di daerah bandung. Pengen jadi mandiri juga. Ngekost biar berasa jadi mahasiswinya hahaha. Orang di sekililing gue banyak yang ragu. 'Ekonomi itu banyak yang minat' Harusnya kamu jangan ekonomi, susah, banyak pesaing' 'Kenapa ga sastra aja?' semua omongan itu datang menghampiri. Tapi gue tetap optimis. Kalau gue memilih jurusan lain yg bukan passion hanya karena pesaingnya sedikit untuk apa? Yang ada pas kuliah males-malesan. Gue bertekad untuk buktiin kesemuanya yang meragukan gue. Gue bisa. Seorang anak smk pun bisa. Tanpa ikut bimbel pun bisa.
Dan hari H pun tiba. Gue dapat tempat tes di SMAN 32. Berangkat naik ojek, bayar 50rb. Gue berharap pengorbanan gue selama ini ga sia-sia. Sebelum tes gue memantapkan mental gue. Gue ga mau dibawa tegang. Selama nunggu gue ngobrol sama peserta lain. Kenalan. Saat mengerjakan soal pun tiba. Gue dapet bangku paling depan! Ya Allah. Kenapa harus di depan?! Kata-kata itu yang berkutat dipikiran gue. Makin deg deg an lah gue. Tangan rada gemeter gitu. Hahaha. Tapi gue mencoba untuk tetap tenang. Tenang tenang tenang. Selalu ngomong kata-kata itu sama diri sendiri. Soal pun dibagikan. Gue buka dengan membaca basmallah. Jeng jeng jeng!!!!! Soal macam apa ini? Soshum, B.Ing, dan Mtknya gak ada 50% yang gue bisa. Oke tetap tenang. TPA pun gue akhiri dengan kepala yang penat. Ngeliat segitu banyaknya gambar. Setelah itu dibuat penat dengan B.Ing yang kayak koran, dan Mtk yang gak gue ngerti sama sekali. Akhirnya gue mencoba senalarnya gue aja. Salah atau bener Allahualam yang penting isi semua. Selesai itu gue udah gak mau yang namanya bahas soal. Ngoreksi jawaban dan semacamnya. Gak mau. Gue itu tipe orang yang kalau selesai ujian ya sudah. Gak suka yang dibahas-bahas lagi.
Gue udah berusaha semaksimal mungkin. Sekarang tinggal berdoa. Karena tadi gue jawabannya yakin ga yakin. Gue berpikir untuk kuat didoa. Solat tahajud, hajat, baca Qur'an, solawat, semua gue lakuin. Mumpung lagi bulan ramadhan juga, banyakin pahala. Gue sempet mimpi 3x tentang hasil SBMPTN. Yang pertama, gue mimpi GA LOLOS. Kedua, gue LOLOS DI PILIHAN KEDUA. Dan ketiga, gue LOLOS DI PILIHAN KETIGA. Oke, optimis.
Setelah mimpi ke 3 itu entah kenapa gue punya feeling lolos di pilihan pertama. Kalo kata sebagian orang mimpi itu kebalikan. Semua hasil udah dimimpi gue, kecuali pilihan pertama. Dan bener. Gue LOLOS DI PILIHAN PERTAMA. Setelah gue liat hasilnya tangan langsung gemeter. Ga nyangka. Gue pengen nangis tapi gak bisa. FEB UNPAD udah di tangan. Alhamdulillah. Sekarang gue makin yakin dengan kekuatan sebuah mimpi. Dan pastinya kekuatan doa! Terutama doa dari tangan-tangan yang tidak terlihat. Jadi, kalau kalian punya mimpi gak usah takut untuk diperjuangkan. Walaupun banyak hambatan. Tetap semangat. Ingat, Kalau kita ingin mendapatkan hal luar biasa, perjuangan kita juga harus luar biasa. Hahaha kata-kata itu yang selalu jadi penyemangat gue. Terima kasih Allah, telah mengizinkan aku di....
Capture-an hasil SBMPTN
Ekonomi Pembangunan, Universitas Padjadjaran.

Komentar