[Mozaik Blog Competition 2014] Writer Wannabe.


Percayakah kamu menulis bisa membuat kita lega? Disaat kamu benar-benar tidak bisa bercerita kepada siapapun salah satu alternative yang dapat kamu lakukan adalah menuangkan semua isi hatimu ke dalam sebuah tulisan. Atau disaat tidak ada orang lain yang ingin mendengarkanmu, kamu juga dapat menuangkan isi hatimu ke dalam sebuah tulisan. Dan jika kamu tidak ingin ada orang lain yang mengetahui bahwa itu kisah nyatamu, kamu bisa saja memilih nama yang kamu mau di dalam karyamu. Menulis itu gampang kok. Tidak usah berhitung atau mengahafal yang mungkin bisa membuatmu stress. Kamu hanya tinggal menuangkan semua yang di pikiranmu, entah apapun itu. Apa kamu tahu orang-orang hebat seperti “Albert Einstein, Bill Gates, Thomas A. Edison, dll” ternyata setiap hari mereka selalu menulis. Mereka membuat jurnal sehari-hari. Itu sudah termasuk menulis loh ya. Mereka yang sudah sangat dikenal sebagai orang hebat di dunia selalu mengeluarkan semua hal yang ada dipikiran mereka dengan tulisan. Hal-hal terkecil sekalipun. Saya punya beberapa tips agar kalian bisa lancar dalam menulis, cekidot :
1.      Buku kecil dan pensil
Dua benda ini wajib kamu bawa kemana pun. Inspirasi dan ide itu bisa datang kapan saja, dimana saja. Maka dari itu kamu harus selalu sedia buku dan pensil. Kamu tau benda apa yang selalu dibawa Maudy Ayunda? Yap! Salah satunya adalah buku note dan pensil. Mulai sekarang biasakanlah membawa dua benda ini yaa.
2.      Seringlah membaca novel atau komik
Menulis dan membaca itu adalah dua hal yang tidak mungkin terpisahkan. Kamu tidak mungkin menulis tanpa membaca apa yang kamu tulis. Maka dari itu kamu harus menambah keinginanmu untuk membaca novel dan komik. Kenapa novel dan komik? Karena dengan itu kita bisa mendapat referensi dan inspirasi serta ide-ide dapat muncul dengan sendirinya lho.
3.      Memulailah dengan hal-hal kecil
Ada pepatah mengatakan “Kesuksesan itu selalu berawal dari bawah”. Diantara kamu pasti ada yang ingin karya tulisnya bisa menjadi karya yang luar biasa. Ini langkah awal yang dapat kalian lakukan yaitu menulis hal-hal kecil. Kamu bisa memulainya dengan menulis jurnal harianmu sendiri. Itu sangat mudahkan? Atau kamu juga bisa menulis puisi yang isinya merupakan curahan hatimu. Saya sering melakukan hal yang satu ini hehe.
4.      Jangan menyerah
Ini baru awal bung! Gagal diawal tidak menjadi masalah. Kalau kamu merasa karyamu sangat biasa atau orang lain tidak ada yang mengaguminya, jangan down. Sekali gagal, enggak berarti bakal gagal terus kan? Satu pintu tertutup, ada banyak pintu lain yang bakal terbuka lebar. Kamu hanya tinggal membuat tulisan-tulisan yang lain. Toh, menulis itu gak ada ruginya kok.
Itulah beberapa tips dari saya yang mungkin bisa kamu ikuti. Mulai sekarang semangatlah untuk menjadi seorang penulis! Nothing is impossible, the word itself says “I’m possible!”. Semangat writer wannabe!!!!!

Komentar